Kamis, 21 April 2011

UJIAN BOCAH KALAP






"Sekolahpun keliru bila ia tidak tahu diri bahwa peranannya tidak seperti yang diduga selama ini. Ia bukan penentu gagal tidaknya seorang anak. Ia tak berhak menjadi perumus masa depan." 


Ujian  peserta didik  SLTA maupun SLTP  kali ini seperti ujian sebelumnya selalu disambut dengan perasaan cemas serta khawatir  para  peserta didik,  pendidik maupun orang tua peserta didik.

Peserta didik kemudian melakukan berbagai cara,belajar semalam suntuk, guru guru berpacu dengan materi  dan tak sedikit  orang tua peserta didik menjadi terserang depressi serta perut kembung  karena memikirkan  anak anaknya yang  mengadu nasib menghadapi UAN.

Format kelulusan tahun ini agak berbeda karana prestasi peserta didik selama belajar di  bangku SLTP maupun SLTA ikut menentukan kelulusan  meski  dengan nilai koofisien relatip kecil yakni 40 % sementara nilai UAN murni memiliki persentasi 60%. Ini  merupakan jawaban dari Kemendiknas terhadap kritik format kelulusan sebelumnya yang hanya ditentukan dari nilai UAN saja.

Dalam pelaksanaan UAN selalu ditemui kecurangan kecurangan untuk memuluskan jalan peserta didik mendapatkan nilai yang "memadai." Kecurangan itu bisa berupa  didongkraknya nilai raport,  kebocoran soal  maupun beredarnya jawaban melalui  SMS.  Sulit memang untuk membuktikan hal tsb namun rasa keadilan kita tentu bisa merasakan adanya bentuk kecurangan  kecurangan itu.

Dilapangan kemudian kita tahu, katakan Si Fulan  yang  hubungan "konesksi "dengan teman temanya baik akan mendapat nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan seorang anak yang secara akademis baik namun tidak punya koneksi

Tentu kemudian muncul apakah nilai penentuan kelulusan juga menyangkut aspek Afektif maupun Psikomotorik peserta didik ?

Tidak fair kemudian kalau UAN yang lebih fokus menilai aspek pengetahuan siswa dan tanpa melibatkan sikap , motivasi serta perilaku  dipergunakan untuk menghakimi nasib peserta didik.






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger