Selasa, 12 April 2011

SOMALIA, QUO VADIS ?


Hari hari belakangan ini, kita terhenyak dengan berita disanderanya   20 awak kapal  berbendera Indonesia . ABK  Kapal Sinar Kudus ditangkap para perampok Somalia  sejak 16 Maret 2011.
Mereka menuntut tebusan  sebesar US$ 2,3 juta, dalam perkembangannya perompak menaikkan nilai tebusan menjadi 2,4 juta dolar AS atau Rp 24 miliar lalu meningkat jadi Rp 77 miliar


Kebanyaan kita tidak tahu dimana persisnya letak geografis Negara Somalia ?


Somalia terletak di pantai timut Afrika ,di sebelah Utara Khatulisriwa . Bersama Negara negara Ethiopia, Eritria , dan Djibouti dikenal sebagai  Tanduk Afrika.  Dengan garis pantai membentang sepanjang 2.720 kilometer ( !.700 mil ) ,seakan menjadi tempat unik menjebal kapal kapal yang menyongsong melintasi Teluk Aden, teluk sempit, yang merupakan jalan keluat masuk yang menghubungkan Asia dan Eropa melaui  Terusan Suez.


Tanpa memiliki sumber alam yang bisa diandalkan ditambah kekeringan berkepanjangan, Rakyat Somalia terjebak dalam keterbatasan penghidupan. Kaum muda Somalia menjadi kelompok kriminal, bajak bajak laut, yang mengganggu kapal kapal dengan meminta tebusan yang tak masuk akal.

Tahun lalu  para pembajak Somalia telah mendapatkan  60 milyar dollarr. Jumlah yang kemudian digunakan  untuk mempersenjatai diri  berebut kekuasaan . Karena negara Somalia praktis negara tanpa pemerintahan

Tak ada bulan telewatkan tanpa pembajakan. Dan dunia siap siap untuk terus melihat  pembajakan dan bingung bagaimana mengatasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger